Tuesday, March 29, 2016

Penyebab dan Mengatasi Ngelag Macet Bermain Game Online

Game Online merupakan sebuah jenis video game daring atau permainan yang hanya dapat dijalankan apabila perangkat yang digunakan untuk memainkannya terhubung dengan internet. Karena mengharuskan penggunanya terhubung internet, game online memungkinkan terjadinya kontak antara pengguna satu dengan pengguna lain. Kontak yang dimaksud bisa berupa hal-hal yang terjadi didalam game tepatnya pada karakter game. Hal ini memang merupakan salah satu kelebihan game online. Akan tetapi Anda juga tak boleh lupa kalau Game Online juga memiliki kekurangan dan kekurangan yang dimaksud biasanya macet-macet saat dimainkan, game tiba-tiba not responding, game tiba-tiba crash, ngelag dan beberapa hal menyebalkan lain yang juga serupa.

Ilustrasi game online
Game online macet-macet sebenarnya adalah hal lumrah terjadi, bahkan game offline sekalipun juga tak luput mengalaminya. Namun jika game selalu macet-macet lebih dari sekali saat dimainkan berarti kemungkinan besar ada sesuatu yang terjadi pada tiga unsur pendukung berjalannya game online, yaitu Game itu sendiri, Komputer dan Internet.

Ketiga unsur ini bisa jadi alasan kenapa game online yang dimainkan selalu macet-macet. Baiklah, agar lebih jelas, mari simak penyebab serta cara mengatasi ngelag atau macet pada saat bermain game online.

1. Masalah dari perangkat lunak Game
Penyebab game selalu macet-macet bisa jadi karena aplikasi game itu sendiri. Aplikasi game mungkin sedang mengalami masalah seperti halnya terserang malware. Aplikasi game yang mengalami masalah biasanya disebabkan karena Anda secara tak sengaja menghapus file penting aplikasi, dan bisa juga karena driver tidak kompatibel dengan game. Selain itu malware atau virus bisa juga menjahili aplikasi game Anda dengan menghapus atau mengubrak abrik isi file game.

Jika Anda yakin mengalami masalah ini, maka langkah yang tepat untuk mengatasinya adalah dengan mengembalikan file yang terhapus di Recycle Bin. Namun, jika terhapus permanen, maka langkah terakhir adalah dengan mendownload lagi file game itu. Kemudian jika masalahnya terserang malware, maka bisa dilakukan penghapusan pada malware atau virus. Jika tidak tahu caranya, Anda dapat membaca artikel tentang cara menghapus malware secara manual. Selain cara manual, bisa juga dengan memasang program AntiVirus di perangkat Anda. Terakhir jika problemnya di driver, itu berarti gamenya tidak cocok dengan perangkat yang Anda miliki. Tapi tenang, karena itu masih bisa di akali dengan memperbaharui (update) driver pada perangkat.

2. Masalah yang disebabkan perangkat keras Komputer
Masalah game macet-macet juga bisa disebabkan oleh komputer, tepatnya pada perangkat kerasnya. Komputer memiliki perangkat keras yang memiliki spesifikasi serta kemampuannya masing-masing. Apabila spesifikasi perangkat keras komputer tinggi, maka kemampuan komputer dalam menjalankan tugas akan menjadi semakin baik. Begitupun sebaliknya, kalau spesifikasi rendah, akibatnya akan membuat tugas-tugas yang dijalankan komputer seperti bermain game berjalan dengan kurang baik. Dengan kata lain game akan berjalan kurang maksimal, karena sebenarnya spesifikasi perangkat keras tidak kompatibel dengan game tersebut. Untuk mengatasi hal ini, sebaiknya dianjurkan untuk menginstal game yang sesuai dengan spesifikasi serta kemampuan komputer. Atau apabila Anda tetap maksa ingin menjalankan game, sebaiknya harus mengupgrade perangkat kerasnya baik itu prosesor, RAM, maupun sistem operasinya. Agar lebih jelas, Anda bisa melihat system requirements pada game.

3. Masalah yang disebabkan koneksi Internet
Koneksi Internet akan sangat berpengaruh pada berjalannya game online. Hal ini tentu saja tak terelakkan lagi, pasalnya game online memang sangat membutuhkan koneksi internet yang stabil. Jika tidak, game akan berjalan kurang lancar. Adapun masalah yang umum berkaitan dengan hal ini adalah disconnect (koneksi terputus dari server), Internet lambat untuk upload dan download (untuk mengirim permintaan dan menerima permintaan dari server), ip Anda diblokir oleh server, server diblokir ISP atau juga antivirus dan lain-lain.

Untuk mengatasi berbagai masalah yang disebabkan karena hal tadi, maka yang sangat dianjurkan untuk dilakukan adalah dengan mempercepat koneksi internet dengan memindah atau mengarahkan modem ke area yang banyak sinyal. Jika ip Anda terblokir server maka kemungkinan disebabkan karena pengguna game yang pernah bermain di komputer pernah melakukan hal yang dilarang seperti ngcheat. Untuk mengatasinya, gantilah ip dengan menghubungi pusat ISP atau hubungi customer game agar mengembalikan ip yang terblokir. Anda bisa menghubungi customer melalui website game, lebih tepatnya pada menu contact us. Sementara jika server game diblokir ISP, cara mengatasinya tidak ada. Ada sih tapi cara itu tidak baik pasalnya merupakan pelanggaran terhadap UUD. Server game kesayangan Anda diblokir mungkin karena game itu mengandung unsur berbahaya yang berakibat buruk jika dimainkan. Terakhir, apabila ip terblokir AntiVirus, maka non aktifkan pengaturan AntiVirus, tanpa menghapusnya.

Itu tadi merupakan penyebab yang disertai cara mengatasi ngelag, macet, lola saat bermain game online. Mungkin dengan adanya tutorial mengenai cara mengatasi ngelag saat bermain game online akan membantu masalah Anda.

1 comments


EmoticonEmoticon