Wednesday, March 9, 2016

Kenapa Laptop dan Komputer Boros Kuota Paket Data Internet

Kita semua tahu bahwa saat ini kuota internet tidaklah semurah meriah seperti dulu. Oleh sebab itu tindakan penghematan dirasa sangatlah perlu dilakukan untuk mencegah terjadinya pemborosan kuota sampai habis bahkan hingga menyedot pulsa. Apabila tidak segera dilakukan pencegahan maka mungkin saja dua hal itu akan terjadi dan akan membuat korban merasa sangat dirugikan, menyesal, sedih hingga marah-marah.

Komputer PC
Namun demikian, meskipun telah melakukan penghematan kuota internet. Kenapa tetap saja kuota internet kita cepat habis bahkan hanya dalam semalam, padahal sebelumnya segala macam aktivitas pemborosan kuota seperti Download-download (Unduh), Streaming, Game Online sudah dihentikan. Akan tetapi mengapa tetap saja kuota cepat habis ? Dan kenapa main internet di komputer, laptop atau notebook paket internetnya sangat boros ?

Jawabannya bisa beragam dan tergantung dari kondisi perangkat (Komputer, Laptop dan Notebook) itu sendiri. Biasanya hal yang paling mendasari kenapa paket internet modem dilaptop cepat habis atau kata lainnya boros adalah karena beberapa hal berikut ini. Mari silakan simak dan setelah itu analisa dimana penyebab borosnya paket internet Anda.

1. Ada Alikasi, Software, Perangkat lunak, atau Program komputer yang otomatis melakukan pembaharuan (Auto Update)
Terkadang beberapa program komputer berjalan di latar belakang sistem. Apabila hal ini terus dibiarkan akibatnya RAM akan diambil oleh program itu sehingga menyebabkan komputer menjadi lambat. Tak hanya itu, program yang berjalan dilatar belakang itu biasanya sedang melakukan otomatis update pada dirinya. Jika proses update itu terus dibiarkan maka akan terus memakan kuota internet Anda.


Untuk menghentikannya, Anda bisa membuka Task Manager dengan cara menekan tombol Ctrl + Shift + Esc. Setelah itu klik tab Processes dan setelah itu carilah program yang dicurigai sedang berjalan. Bila ditemukan segeralah untuk menghentikan prosesnya [End Process].

Dalam menghentikan proses, sebaiknya Anda hati-hati, jangan sampai salah menghentikan proses sistem komputer Windows. Dan kalau itu terjadi bisa saja komputer jadi error. Nah, untuk meminimalisir terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, maka Anda harus memperhatikan nama software pada bagian deskripsinya [Description].

Selain dengan membuka Task Manager, sebenarnya ada cara lain yang lebih mudah dan aman dalam mengetahui program komputer yang berjalan dilatar belakang. Caranya yaitu dengan mengklik "Show hidden icons" yang terletak pada Taskbar. Jika sudah cari program komputer mana yang sedang berjalan dilatar belakang terutama program yang sedang melakukan auto update.

2. Sistem Operasi melakukan pembaharuan otomatis (Auto Update)

Baik yang melakukan update itu adalah program komputer atau sistem operasi komputer sebenarnya sama saja yakni, sama-sama memerlukan koneksi internet. Jika koneksi internet atau paket internet tersedia, maka komputer akan melakukan update. Nah, proses update inilah yang akan membuat paket internet Anda tiba-tiba habis. Mengapa ? karena biasanya proses update sistem operasi itu berjalan dengan otomatis tanpa disadari oleh penggunanya.

Untuk mematikan Auto Update ini, yang bisa dilakukan adalah dengan membuka menu Control Panel >> System and Security >> Turn automatic updating on or off >> Never check for updates >> OK
 


 


3. Program Mencurigakan
Program mencurigakan adalah program komputer yang diyakini sebagai program pengganggu, atau juga sering disebut sebagai program jahat (malware). Program ini terkadang melakukan pencurian terhadap data-data yang ada dikomputer korban. Biasanya data yang dicuri adalah data-data penting seperti foto, catatan, video atau lainnya. Coba Anda bayangkan jika ada foto atau video aneh milik Anda disalah gunakan. Atau file catatan yang berisi tentang password penting Anda juga disalah gunakan, bisa berabe jadinya.

Oh, ya hal yang menyebabkan program mencurigakan bisa menghabiskan kuota internet adalah karena ia menggunakan koneksi internet sebagai jembatan untuk mencuri file penting Anda. Hal ini ibarat komputer Anda sebagai server, namun yang membedakannya bukan Anda yang mengendalikan melainkan pemilik program mencurigakan itu.

Cara mengatasi hal ini sesungguhnya gampang-gampang susah. Namun ada cara sederhana yang bisa dilakukan, yaitu dengan membuka Task Manager >> mengklik Tab Processes >> dan menghentikan program yang dianggap mencurigakan. Sebaiknya Anda juga harus berhati-hati ya. Jangan sampai proses sistem yang Anda hentikan.

4. Mengunjungi Website yang Memuat Foto Berukuran Besar dan Berkualitas Tinggi
Mengunjungi suatu website dengan menggunakan komputer itu berbeda dengan menggunakan perangkat mobile. Mengunjungi dengan komputer akan jauh lebih banyak memakan paket internet jika dibandingan dengan perangkat mobile. Lantas, apa yang menyebabkan hal itu ? mengapa mengunjungi website dengan perangkat mobile jauh lebih hebat dibanding perangkat komputer.

Jawabannya yaitu pada konten (isi) yang ditampilkan. Pada komputer, suatu website akan menampilkan konten dengan ukuran besar sesuai dengan layar komputer itu sendiri. Sebaliknya, pada perangkat mobile, suatu website akan menampilkan konten dengan ukuran yang relatif kecil sesuai dengan ukuran layar perangkat mobile itu. Jika Anda tidak mengetahui apa itu perangkat mobile, silakan simak ulasannya di Pengertian atau arti perangkat mobile.

Untuk melakukan penghematan kuota internet disaat melakukan browsing maka cara yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan pengaturan pada browser masing-masing. Cara yang bisa dilakukan yaitu dengan mengatur untuk "tidak menampilkan gambar pada setiap website yang Anda kunjungi".

5. Adanya File Online Installer yang Sedang Berjalan
File Online Installer adalah sebuah file instalasi suatu program aplikasi yang bisa dipasang pada komputer secara online atau dengan kata lain suatu file instalasi aplikasi yang membutuhkan koneksi internet untuk dapat diinstal. Program seperti ini terkadang kita download, namun karena disaat mau menginstalnya, koneksi internet di komputer kita malah tidak tersedia. Maka file installer itu tidak jadi terinstal dan akan meminimalkan diri. Meskipun begitu, ini tidak berarti aplikasi itu benar-benar tertutup. Sebenarnya, ia sedang menunggu komputer itu telah tersedia koneksi internet. Bila koneksi internet tersedia, maka tanpa disadari file installer itu telah mendownload file instalasi dirinya sendiri. Nah, hal inilah yang mungkin saja menyebabkan paket internet menjadi cepat habis.

Agar tidak terjadinya pemborosan kuota internet, maka sebaiknya hentikan proses file installer itu melalui Task Manager. Atau juga bisa melalui fitur "Show hidden icons".

6. Aplikasi Downloader yang melakukan download otomatis
Terkadang beberapa perangkat lunak downloader mungkin saja melakukan proses download secara otomatis tanpa kita sadari sebelumnya. Penyebab terjadinya hal ini biasanya dikarenakan pengaturan download atau juga jadwal download otomatis yang sebelumnya diatur. Untuk mengatasi hal ini aturlah pengaturan dengan sebagaimana mestinya.

7. Antivirus yang Memperbaharui Database
Antivirus adalah program aplikasi yang bertugas untuk melindungi komputer dari serangan malware (virus, worm, dan sebagainya). Program ini biasanya selalu rutin melakukan pembaharuan otomatis terhadap Database-nya. Rutinitas ini sangat penting dilakukan agar kemampuan program Antivirus semakin meningkat dalam menganalisis malware.

Namun terkadang, Ada beberapa pengguna yang merasa kesal dengan hal ini karena ia selalu mengalami kehabisan kuota internet hanya untuk pembaharuan Database. Untuk mencegah agar program Antivirus tidak melakukan pembaharuan Database secara otomatis lakukan penyetelan terhadap menu pengaturan di Antivirus masing-masing.


8. Aplikasi Perpesanan atau Sosial Media yang berjalan secara langsung
Aplikasi perpesanan seperti Email, Sosial Media, atau sebagainya memang sangat penting untuk di instal. Tujuannya ialah supaya seseorang tidak ketinggalan informasi penting yang ada di internet. Namun, agar informasi yang ada itu selalu baru. Karenanya koneksi internet sangat diperlukan. Namun, akibat dari hal ini kadang ada beberapa pengguna yang merasa kesal karena harus selalu kehabisan paket internet.

Cara mengatasi hal demikian ialah dengan menghentikan proses program itu di Task Manager dan jangan lupa untuk melakukan UNCeklis pada nama program di Menu Startup.

Demikianlah beberapa penyebab atau alasan mengapa kuota internet di komputer/pc/laptop/notebook selalu boros dan cepat habis.

7 comments


EmoticonEmoticon