Tuesday, March 29, 2016

Mengetahui Lokasi IP Laptop Sendiri di Google Maps

Anda semua tentu tahu apa itu GPS ? Ya, fitur navigasi yang memanfaatkan sinyal satelit ini memang sangat bermanfaat dalam keadaan tertentu misalkan saja, ketika berada tengah dihutan atau ketika dalam keadaan tersesat. Fitur ini akan membantu untuk memberitahukan titik lokasi keberadaan Anda didalam peta. Hal ini juga memungkinkan untuk mengetahui lokasi seperti apa yang akan dihadapi. Baik itu lokasi yang ada di depan, belakang, hingga samping kiri dan kanan.

Oleh karena hal itu, teknologi GPS saat ini dirasa akan sangat penting dan berguna. Sehingga tak heran jika hampir setiap produk smartphone masa kini telah dilengkapi dengan teknologi GPS. Namun demikian, bagaimana dengan perangkat komputer PC dan Laptop? Apakah didalam perangkat ini juga tersedia fitur GPS seperti perangkat smartphone.

Pada dasarnya kebanyakan Komputer PC dan Laptop memang tidak dilengkapi dengan fitur GPS. Alasannya mungkin disebabkan kerena perangkat ini terlalu besar sehingga tidak praktis untuk dibawa kemana-mana. Dengan demikian, artinya fitur GPS tidak akan terlalu berguna. Selain itu ada juga alasan lain yang mungkin lumayan masuk akal, yakni karena beberapa pengguna komputer dan laptop tidak ingin kalau perangkatnya itu di sertakan fitur GPS karena alasan privasi alias khawatir dilacak.

Meskipun demikian, namun tetap saja Komputer atau Laptop masih bisa dilacak melalui IP Address suatu komputer saat terkoneksi internet. Ya, benar saja komputer Anda bisa diketahui lokasinya dan mungkin sistem inilah yang dipakai oleh layanan pemetaan ternama Google Maps. Google Maps sendiri sebenarnya adalah layanan pemetaan gratis yang disediakan oleh Google. Dengan layanan ini Anda dapat melihat pemetaan dunia sama seperti melihat Globe. Perbedaannya tentu pada layanan Google Maps lebih lengkap dalam hal fitur.

Salah satu fitur yang paling menonjol dari layanan ini sebut saja adalah Street View, Yakni sebuah fitur yang dimana memungkinkan pengguna layanan tersebut untuk mengetahui pemetaan lokasi jalan dalam bentuk 3 dimensi (3D). Selain itu fitur lain yang juga tampak menonjol adalah fitur foto 360 derajat, yakni sebuah foto yang bisa dilihat secara 360 serajat (alias di putar).

Sebenarnya masih banyak fitur lain yang sangat menonjol dari layanan pemetaan ini, namun yang sayang untuk ditinggalkan adalah fitur Lokasi Saya. Fitur ini memungkinkan seseorang pengguna komputer atau laptop untuk mengetahui lokasinya. Akan tetapi, perlu Anda ingat bahwa lokasi yang diambil oleh layanan ini adalah berdasarkan IP Address, bukan GPS. Dengan demikian, lokasi yang didapat nantinya mungkin tidak akan akurat.

Lantas Bagaimana Cara Menggunakan Fitur Lokasi Saya di Google Maps di Komputer PC atau Laptop melalui Browser ?

Caranya sebenarnya sangatlah gampang, Anda hanya perlu klik link Google Maps Berikut ini di Browser PC atau Laptop. https://www.google.co.id/maps

Setelah terbuka, maka Anda akan dihadapkan dengan tampilan Google Maps. Setidaknya seperti ini


Setelah itu maka, Anda hanya perlu mengklik tombol seperti di bawah ini


Kemudian akan ada peringatan seperti dibawah ini dan klik izinkan.


 Terakhir Google Maps akan menunjukkan dimana lokasi ip laptop atau komputer Anda.


Sekian dari informasi mengenai tutorial cara mengetahui lokasi ip addres laptop/komputer sendiri

2 comments

mau tanya mas....?
kalau lokasi yang ditampilkan nggak cocok gimana ya penyelesaiannya....
terima kasih.

Memang tidak akurat, karena ini yg dilacak adalh ip internetnya (isp), bkn GPS.


EmoticonEmoticon