Monday, March 21, 2016

Penyebab Koneksi Internet Lambat atau Lola

Hampir setiap pengguna internet dirasa pasti pernah menonton video streaming di situs Youtube, atau setidaknya pernah memiliki akun jejaring sosial media, Facebook. Kedua situs internet ini memang memiliki manfaat tersendiri bagi penggunanya, yakni sebagai sarana hiburan dan juga sarana komunikasi. Kedua manfaat ini sangat penting akan tetapi coba Anda bayangkan apa jadinya kalau koneksi internet Anda lamban atau loading lambat.

Yang tadi niatnya mau bercakap-cakap (chatting) dengan teman eh malah ngak bisa, niat mau cari hiburan di internet, eh juga ngak bisa. Kalau sudah begini tentu saja akan jadi sangat menyebalkan bukan. Bagaimana tidak? Sudah beli paket internet mahal-mahal yang justru didapatkan hanyalah kerugian yang disertai rasa penyesalan.

Mungkin setidaknya hal inilah yang dialami oleh beberapa pengguna internet. Awalnya mereka kesal karena internetnya tiba-tiba jadi lambat padahal sebelumnya tidak seperti itu. Dan sebenarnya apa sih penyebab internet kita itu lambat?

1. Sinyal Jaringan Lemah atau kurang baik

Sinyal diperlukan sebagai perantara untuk menghubungkan perangkat (Smartphone & Komputer) Anda ke internet. Jika sinyal jaringan Anda lemah atau hanya ada satu titik maka besar kemungkinan akan membuat kecepatan akses internet jadi menurun. Namun jika sinyal penuh maka hal ini akan membuat kecepatan internet Anda menjadi stabil dan cepat.

Ilustrasi jaringan
Akan tetapi, meskipun sinyal jaringan penuh, bukan berarti hal itu sepenuhnya membuat akses internet jadi lebih baik. Kadang beberapa orang pernah mengalami kalau sinyalnya penuh tapi internetnya lamban bahkan tidak bisa diakses sama sekali. Ini mungkin bisa saja disebabkan karena Internet Service Provider (ISP) yang ia gunakan sedang bermasalah. Sekedar informasi, kalau ISP itu adalah merek kartu sim yang kamu gunakan.

Agar mendapatkan pengalaman berinternet dengan cepat, maka usahakan cari lokasi yang tidak terlalu tertutup oleh pohon besar, bukit, tembok, atau gedung tinggi karena hal itu akan membuat sinyal jadi terhalang hingga tak bisa ditangkap oleh smartphone.

2. Salah Pengaturan (Salah setting)

Kadang beberapa orang suka utak-atik menu pengaturan yang ada pada smartphone-nya. Hingga pada akhirnya timbul suatu masalah yang menyebabkan akses internetnya jadi lamban. Lambannya akses internet pada perangkat smartphone-nya itu, mungkin saja disebabkan karena sebelumnya ia tanpa sadar (ngak tahu) telah merubah pengaturan jaringan dari yang sebelumnya di mode 3G (HSDPA) ke mode 2G (EDGE). Kita semua tahu kalau akses internet di mode 3G jauh lebih cepat dibandingkan mode 2G. Oleh karena itu agar kecepatan internet menjadi cepat lagi, maka ubahlah kembali pengaturan jaringannya ke mode 3G. Caranya buka setelan (pengaturan) lalu pilih-lah menu yang berkaitan dengan jaringan atau paket data. Nanti Anda tinggal cari menu mana yang berkaitan dengan 2G dan 3G. Akan tetapi, sebaiknya minta ajarkan pada teman Anda yang lebih memahami ilmu smartphone.

3. Terlalu banyak yang menggunakan internet

Dalam satu BTS (Base Station Service) atau tower jaringan tentu memiliki kapasitas daya tampung tersendiri. Nah, apabila orang yang menggunakan internet melebihi kapasitas maka akibatnya akan membuat akses jalannya internet menjadi terganggu. Ada yang jadi lamban, macet-macet atau bahkan tidak bisa mengakses internet sama sekali. Umumnya hal ini sangat jarang terjadi jika Anda berada dipedesaan yang tersedia BTS. Namun jika Anda berada dipemukiman padat dan hampir setiap orang disana menggunakan internet maka terkadang koneksi akan menjadi terganggu. Tapi jangan risau. karena masalah ini sebenarnya sangat jarang terjadi, mengingat dipemukiman padat biasanya ISP telah memperhitungkan semuanya.

4. Spesifikasi Perangkat

Tidak semua perangkat handphone atau perangkat modem bisa mengakses internet dengan cepat. Hanya perangkat tertentu saja yang mampu mengakses internet dengan kecepatan tinggi. Perangkat yang mampu menggunakan internet dalam kecepatan tinggi bisa dilihat dari spesifikasi jaringan yang dibawanya. Misalnya jika ia dilengkapi fitur jaringan 3G ataupun 4G maka sudah pasti kecepatan internetnya cepat.

Tapi jangan salah, meskipun Anda memiliki perangkat yang dilengkapi fasilitas 3G atau 4G, Namun jika kedua jenis jaringan itu tidak didukung didaerah masing-masing maka sama saja tidak ada artinya.

5. Ada Program Aplikasi Lain yang Menggunakan Internet

Anda menggunakan internet untuk browsing, tapi disisi lain, program aplikasi yang terpasang diperangkat juga ada yang menggunakan internet secara otomatis. Jika ini terjadi secara bersamaan, akibatnya akan membuat kecepatan internet jadi menurun karena telah dibagi dua, yakni satu untuk Anda dan satunya lagi untuk program aplikasi. Jadi bayangkan jika koneksi internet yang semula 100 KB/ps maka akan kemungkinan berkurang jadi separuhnya, 50 KB/ps. Yang perlu Anda ingat adalah bahwa tidak selalu kecepatan internet yang dibagi menjadi sama rata. Bisa saja Anda 30 Kb/ps dan program aplikasi 70 Kb/ps atau juga sebaliknya.

Adapun program aplikasi yang menggunakan internet secara sendiri (otomatis), umumnya sedang melakukan update. Jika Anda ingin aplikasi itu diperbaharui maka biarkan ia melakukannya. Namun jika tidak, Anda bisa membatalkan update atau menghentikan fitur auto update agar lain waktu hal itu tidak lagi terulang.

6. Paket Internet Anda telah melewati masa pemakaian wajar (FUP)

Bagi Anda pelanggan internet yang menggunakan layanan internet berbasis Unlimited pasti sudah pernah dengar istilah FUP (Fair Usage Policy). FUP sejatinya merupakan ketentuan batasan penggunaan wajar yang diterapkan pada paket internet Unlimited. Walaupun Unlimited artinya tak terbatas, akan tetapi tetap saja operator tak ingin dirugikan. Oleh karenanya operator membuat kebijakan FUP yakni sebuah aturan yang dimana memberikan batasan pemakaian wajar dan jika batasan itu habis maka kecepatan akses internet akan turun. Misal, batasan FUP-nya 3GB, jika Anda melakukan aktivitas internet sehingga menghabiskan 3GB maka setelah itu kecepatan internet akan diturunkan. Kecepatannya itu biasanya bervariasi tergantung dari kebaikan operator masing-masing.

7. Sistem operasi melakukan Update Secara otomatis

Sistem operasi komputer terutama Windows pada dasarnya memiliki fitur update. Fitur ini bertujuan untuk memperbaharui database sistem operasi dengan cara menambal celah-celah berbahaya yang berpotensi disusupi oleh program jahat. Dengan dilakukannya pembaharuan ini, tentu saja akan sangat bermanfaat. Sayangnya, proses pembaharuan ini memerlukan koneksi internet untuk mendownload database-nya. Jadi, ketika Anda sedang menggunakan internet tapi entah kenapa kecepatannya menjadi lamban mungkin hal inilah penyebabnya.

Agar kecepatan internet tidak lamban karena terganggu proses update ini, maka hal yang perlu dilakukan adalah mematikan fitur otomatis update pada menu Windows Update. Untuk caranya, Anda bisa mencari Windows update pada kolom pencarian menu start. Jika sudah ketemu, klik dan matikan fitur itu dengan.

Ilustrasi Malware
8. Malware (Virus, adware, dan sejenisnya)

Malware adalah program jahat yang bersifat merugikan. Pada jenis tertentu, malware bisa menggunakan internet tanpa sepengetahuan pemilik komputer korbannya. Adapun akses Internet yang digunakan Malware biasanya untuk keperluan upload atau download. Upload yaitu untuk mengirimkan suatu file penting dari komputer korban ke pembuat Malware. Sementara download untuk mengambil suatu file yang mungkin saja untuk memperkuat dan memperbanyak malware itu sendiri.

Jika Malware terus dibiarkan mengupload file maka dikhawatirkan file milik komputer korbannya itu akan disalahgunakan. Misalnya jika ada foto atau video yang bersifat pribadi bisa saja akan disebarluarkan atau suatu file catatan yang berisi password maka akan digunakan untuk mengambil alih suatu akun penting. Sebaliknya, jika Malware terus mendownload file, maka dikhawatirkan akan membuat komputer yang terinfeksi akan terancam mengalami masalah-masalah lain yang bisa bikin error.

Demikianlah informasi mengenai beberapa penyebab kenapa kecepatan internet lemot, lamban, lola, atau lambat.

1 comments


EmoticonEmoticon