Wednesday, June 15, 2016

Cara Mengetahui Informasi Data Lengkap Pemilik Website

Website adalah adalah sebuah situs web atau halaman web yang menyediakan konten-konten tertentu, bisa itu berita, video, suara, tutorial, tools atau sebagainya. Sekarang ini, website sangat bermacam-macam dengan alamat domain berbeda untuk tiap-tiapnya.

Namun demikian, apakah Anda pernah merasa penasaran siapa nama pemilik asli suatu website? Sebelumnya, mungkin Anda tak pernah terpikirkan hal ini. Tapi ketahuilah, bahwa mengetahui nama pembuat website itu bisa dilakukan, pasalnya yang membuat website itu sebenarnya adalah manusia.

Itulah sebabnya, kamu dimungkinkan untuk mengetahui siapa orang dibalik sebuah website. Cara mengetahuinya pun tergolong gampang dan mudah dilakukan. Siapapun bisa melakukannya, asalkan memiliki perangkat seperti smartphone, komputer, laptop atau sebagainya untuk mengakses internet.

Ya, untuk mengetahui siapa orang yang buat website, kita memang harus memiliki akses ke internet. Dengan kata lain, nantinya kita akan mengunjungi suatu website khusus yang di mana menyediakan fasilitas untuk mengetahui nama pemilik website. Caranya adalah berikut ini.

1. Buka Google, lalu ketikkan dan cari kata "Whois".
2. Dari banyaknya website yang ada, kamu bisa memilih sesuka hati. Tapi sebagai bahan percontohan, kamu bisa memilih website yang beralamatkan www.who.is


3. Buka www.who.is, dan ketikkan nama alamat domain website yang ingin dijadikan sebagai objek alias sasaran. Misalnya www.websasaranku.com.

4. Setelah diketik, klik cari alias search.
5. Kemudian situs www.who.is akan menampilkan beberapa informasi mengenai website objek Anda.
Adapun beberapa informasi yang ditampilkan ada banyak, seperti beberapa diantaranya adalah
Nama pemilik website
Email pemilik website
Alamat rumah pemilik website
Nomor telepon pemilik website
Kode pos pemilik website
Tempat dimana domain dibeli
Kapan domain didaftarkan & kadaluarsa
Dan banyak lagi yang lainnya.
Dengan adanya semua fasilitas ini, kamu bisa mengetahui siapa orang dibalik suatu website. Namun begitu, sayangnya tidak semua alamat domain website itu bisa ditampilkan info-infonya. Alasannya adalah karena alamat domain tersebut diberi perlindungan privasi (privacy protect) oleh pemilik itu sendiri. Jadi, jika website objek Anda tidak menampilkan informasi dengan detail, itu artinya pemilik website tersebut tidak ingin ada orang yang mengetahui privasinya.

Tapi bagi Anda yang tidak ingin menyerah, bisa juga mengetahui siapa pemilik asli sebuah website dengan beberapa cara berikut ini

1. Menanyainya melalui halaman kontak (contact us)
Anda bisa menanyakan langsung siapa pemilik sebuah website melalui fasilitas contact us yang ada di website target. Contact us sendiri umumnya berisikan beberapa kolom seperti nama, email dan pesan yang ingin disampaikan. Namun begitu, adapula yang hanya menampilkan alamat email atau nomor telepon mereka. Jika memang penasaran, coba saja kirim pesan pertanyaan Anda dan usahakan untuk menanyainya dengan bahasa yang baku, jelas dan mungkin bisa beserta alasan agar pemilik yakin dan mau memberikan identitasnya. Usahakan juga menanyainya dengan kata-kata yang sopan dan jangan pula mengirimkan pertanyaan yang sama berulang kali, karena itu hanya akan membuat mereka jadi kesal. Jika mereka menggunakan email, tanyakan saja secara langsung dengan email Anda. Atau jika yang tersedia hanya nomor telepon, Anda sepertinya perlu menghubungi mereka.

2. Menanyakannya melalui fanspage Facebook atau akun Twitter mereka
Selain dengan menu contact us, kamu juga bisa menanyakannya langsung melalui akun fanspage sosial media mereka, dalam hal ini misalnya adalah Facebook, Twitter atau Instagram. Usahakan untuk menanyakannya melalui pesan pribadi, jangan lewat kolom komentar yang bisa dilihat orang lain. Hal ini bertujuan agar mereka mau menjawabnya.

Itulah beberapa cara mengetahui pemilik asli sebuah situs website. Dengan adanya cara ini diharapkan wawasan kamu bisa bertambah lebih luas lagi.

1 comments

This comment has been removed by the author.


EmoticonEmoticon